Kam. Okt 22nd, 2020

Liputan Cyber – Surabaya

Sosialisasi Revisi 5 petunjuk teknis (Juknis) pedoman pencegahan dan pengendalian Covid-19 diselenggarakan Lurah Keputih Ibu Itaqwati Oetami, S.E., M.M., di pendopo kelurahan, pada hari Rabu (19/08/2020).

Hadir pada kegiatan ini, Kasie Kesra Keputih dan Ketua RW se-wilayah Kelurahan Keputih. Sebagai narasumber adalah dr. Pratiwi dari puskesmas Keputih.

“Dikarenakan beberapa pertimbangan, maka kami sampaikan Revisi 5 yang terdiri dari perkembangan kasus, perkembangan informasi dan penyesuaian pengambilan kebijakan,” ucap Ibu Itaqwati Oetami, S.E., M.M.

Dijelaskan Lurah Keputih, terkait dengan penanganan sesuai petunjuk teknis Covid-19 bagi kasus OTG, dulu pasien melakukan isoman dan swab hingga hasilnya negatif, maka sekarang cukup isoman tidak perlu dilakukan Swab.

“Isoman dengan memperhatikan pola hidupnya dengan sungguh-sungguh. Seperti mengkonsumsi makanan bergizi, konsumsi vitamin, istirahat cukup dan olahraga agar imunnya meningkat,” terang Lurah Keputih.

Sementara untuk kasus dengan gejala ringan, misalkan batuk pilek, dulu dilakukan isoman + swab diulang hingga hasilnya negatif, maka sekarang cukup isoman (14 hari) + isoman (3 hari) + tidak perlu swab.

“Sedangkan untuk kasus dengan gejala berat diikuti komorbid, maka penanganannya sama, harus di rawat di RS,” jelasnya.

Dalam sosialisasi tersebut, Lurah Keputih Ibu Itaqwati Oetami, S.E., M.M., juga menghimbau kepada semua warga agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Seperti memakai masker, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun atau hand sanitiser, hindari keluar rumah bila tidak ada keperluan dan rutin berolahraga. (Jalil )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *