Kapolres Bangkalan Beri Ucapan Selamat Dan Penekenan Dalam Rangka HUT Satpam Ke-40 Tahun

IMG-20210202-WA0020

Liputan Cyber – Bangkalan, Madura

Dalam rangka memperingati HUT Satpam Ke-40 yang diselenggarakan secara virtual, Kepala Kepolisian Resort Bangkalan AKBP Didik Hariyanto, S.I.K., melaksanakan upacara di gedung Sarja Arya Racana, pada hari Selasa (02/02/2021).

Dengan mengusung tema “Tingkatkan Profesionalisme dan Kompetensi Satpam menjadi Profesi yang Membanggakan dan Bermartabat”, AKBP Didik Hariyanto, S.I.K., menggelar tasyakuran dan memberikan beberapa penekanan kepada Satpam.

Pada sambutannya, Kapolres Bangkalan menyampaikan, para anggota Satpam yang kami banggakan. Melalui kegiatan ini, diharapkan bisa dimanfaatkan sebagai momentum untuk saling bersilaturrahmi dan saling bertukar informasi agar satu sama lain bisa memotifasi untuk hal-hal dan kegiatan positif guna meningkatkan kemajuan dan kreatifitas di bidang keamanan dan keselamatan di lingkungan kerja.

“Karena Satpam memiliki peran strategis, baik dalam pemeliharaan kamtibmas di lingkungan kerjanya maupun dalam mendukung iklim investasi yang kondusif dengan tujuan memacu pertumbuhan ekonomi negara,” tutur AKBP Didik Hariyanto, S.I.K.

“Terlebih saat situasi pandemi seperti sekarang ini, mari kita menjadi pelopor protokol kesehatan dan tingkatkan kewaspadaan dalam menjaga keamanan. Karena keamanan merupakan modal dasar berkembangnya perekonomian, dan keamanan sangat dibutuhkan oleh siapapun dan dimanapun berada, serta situasi apapun,” imbuhnya.

Polri selaku pembina Satpam, sambungnya, tidak bisa sendirian melakukan antisipasi kejahatan konvensional. Untuk itu, dalam melakukan upaya pre-emtif dan preventif, tentunya harus selalu bersinergi dengan stakeholder yang ada. Seperti TNI, Pemerintah, Ormas, Togas dan Tomas yang menjadi garda terdepan dalam mencegah kejahatan konvensional dan menjaga kondusifitas kamtibmas agar tetap terjaga.

Kehadiran Satpam sebagai mitra kerja Polri dalam upaya pemeliharaan kamtibmas, dituntut semakin profesional dan harus mampu mendeteksi setiap potensi kerawanan yang terjadi di lingkungan kerjanya. Dan harus melakukan pengamanan maupun tindakan yang tepat, serta melaporkan ke pihak Kepolisian untuk dilakukan langkah-langkah antisipasi selanjutnya.

“Untuk itu, kami menekankan beberapa hal penting terkait tugas-tugas Satuan Pengamanan. Diantaranya, pertama, senantiasa tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dalam mengemban amanah profesi yang luhur dan mulia,” terang Kapolres Bangkalan.

Kedua, jaga kehormatan pribadi dengan berpegang teguh kepada kode etik dan profesi Satuan Pengamanan serta tugas dengan penuh rasa tanggung jawab. Ketiga, tingkatkan kesiapsiagaan diri dalam mengidentifikasi setiap potensi gangguan kerawanan di lingkungan kerja. Sehingga dapat di antisipasi dengan optimal. Keempat, senantiasa tingkatkan kompetensi diri, baik melalui pendidikan maupun pelatihan guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas.

Kelima, bangun komunikasi positif dengan seluruh komponen masyarakat serta tingkatkan kerjasama dengan sinergitas Polri dan seluruh stakeholder dalam memelihara stabilitas keamanan lingkungan kerja, khusunya dalam membantu Polri dalam membina kamtibmas dan menegakkan aturan hukum yang berlaku, serta menumbuhkan kesadaran dan kewaspadaan keamanan di lingkungan tugasnya.

Keenam, rubah mindset bahwa Satuan Pengamanan itu bukan sebagai Cost atau beban biaya bagi perusahaan, tapi bagian penting dan utama untuk meningkatkan produktifitas. Karena situasi aman akan membuat para pekerja ataupun pengunjung menjadi nyaman.

Ketujuh, terus tingkatkan profesionalisme melalui program sertifikasi secara berjenjang. Dengan harapan bisa meningkatkan SDM yang Unggul dan berdaya saing yang tinggi, guna menciptakan iklim investasi yang aman dan stabil.

Menurutnya, sebagai wujud nyata Kepedulian Polri terhadap masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19 dan meningkatkan peran aktif Pam Swakarsa, Satuan Pengamanan (Satpam) menjadi Mitra Polri dalam mewujudkan harkamtibmas yang aman dan kondusif.

“Dengan harapan agar tetap tercipta situasi yang aman dan kondusif ditengah wabah Covid-19, yang mana banyak masyarakat terdampak menurunnya ekonomi. Sehingga dapat mewujudkan kamtibmas yang aman kondusif di masa Pandemi Covid – 19 di wilayah hukum Polres Bangkalan,” tandasnya.

“Selamat Hari Ulang Tahun Ke-40 Satuan Pengamanan Republik Indonesia. Semoga selalu meningkatkan profesionalisme kerjanya, guna menjaga kamtibmas yang kondusif,” ucap Kapolres Bangkalan. ( Hakim )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1

About us

Leverage agile frameworks to provide a robust synopsis for high level overviews. Iterative approaches to corporate strategy foster collaborative thinking to further the overall value proposition. Organically grow the holistic world view of disruptive innovation via workplace diversity and empowerment.


CONTACT US

CALL US ANYTIME


Lewat ke baris perkakas