Predikat WBBM Diraih Polres Pelabuhan Tanjung Perak

IMG-20201221-WA0180

Liputan Cyber – Surabaya

Kemenpan RB menganugerahkan zona integritas Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Tahun 2020 kepada Polres Pelabuhan Tanjung Perak atas unit layanan kerja sesuai standart dan bebas dari korupsi.

Acara yang diselenggarakan secara zoom meeting atau virtual di aula Rupatama Sanika Satyawada, Senin (21/12/2020) pukul 08.15 Wib, diikuti langsung oleh Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum, S.SI., M.H., didampingi Wakapolres Kompol Anggi Saputra Ibrahim, S.H., S.I.K., M.H., beserta PJU Polres dan operator ZI.

Menteri PANRB dalam sambutannya menyampaikan, berdasarkan data, usulan zona integritas tahun 2020 mengalami kenaikan signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Jika pada tahun 2019 terdapat 2.246 unit kerja pelayanan yang diusulkan, tahun ini meningkat tajam, yakni sebanyak 3.691 unit kerja yang diusulkan untuk dievaluasi oleh Tim Penilai Nasional (TPN) yang berasal dari 70 Kementerian/Lembaga, 20 Pemerintah Provinsi, dan 161 Pemerintah Kabupaten/Kota.

“Dari 3.691 unit kerja tersebut, 2.570 unit kerja berhasil lolos ke tahapan evaluasi. Setelah melewati rangkaian proses evaluasi, terpilihlah 763 unit kerja dengan rincian 681 unit kerja pelayanan ditetapkan sebagai WBK dan 82 unit kerja pelayanan ditetapkan sebagai WBBM,” tutur Pak Menteri.

Melalui tahap – tahapan yang tidak mudah, lanjut Menteri PANRB, mulai dari penilaian internal dan eksternal, pantas atau tidak pantas untuk memperoleh predikat tersebut. Setelah penilaian melalui online, maka dilakukan penilaian secara langsung di lokasi secara tidak diketahui bahwa unit layanan kerja tersebut memang sesuai standart pelayanan dan bebas dari korupsi.

“Semua instansi yang ada di Indonesia berlomba-lomba untuk mendapatkan predikat WBK dan WBBM yang berjumlah 763, dan tidak bersifat permanen. Harus dilonjakan terus tiap tahunnya, dan apabila unit kerja tersebut terdapat korupsi atau pungli, maka di hari itu juga akan di cabut predikatnya,” ujarnya.

“Selamat kepada instansi yang mendapatkan predikat WBK / WBBM. Pertahankan serta tingkatkan sesuatu yang baik demi kemajuan Indonesia,” ucap Menteri PANRB.

Di tempat terpisah, Kepolisian Resort Pelabuhan Tanjung Perak usai penganugerahan zona integritas WBK dan WBBM oleh Kemenpan RB langsung menggelar pemotongan tumpeng sebagai rasa syukur atas keberhasilannya meraih Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani Tahun 2020.

“Alhamdulillah, Polres Pelabuhan Tanjung Perak mendapat kepercayaan dari Kementerian PANRB untuk apresiasi zona integritas WBBM Tahun 2020. Ini adalah merupakan salah satu wujud komitmen kami dan seluruh jajaran untuk bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dan pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara,” puji syukur AKBP Ganis Setyaningrum, S.SI., M.H.

Perwira perempuan pemegang tongkat komando di Polres Pelabuhan Tanjung Perak juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota atas kerja keras dan kerja cerdas, serta kerja ikhlasnya dalam memberikan pelayanannya. “Pertahankan terus predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani ini,” ujar Bunda Ganis, sapaan lekatnya.

Sementara terkait pelayanan yang ditonjolkan oleh Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Bunda Ganis menyebutkan, ada pelayanan SPKT Door to Door, baik secara IT dan non IT. Serta pelayanan SOS Perak Bisa, dimana aplikasi mobile android ini digunakan oleh para pimpinan stakeholder di dalam kawasan Polres Pelabuhan Tanjung Perak.

“SOS Perak Bisa sebagai sarana komunikasi antara Polres Pelabuhan Tanjung Perak dengan pimpinan stakeholder apabila terjadi gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polres Pelabuhan Tanjung Perak,” jelasnya. ( Mulyono )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1

About us

Leverage agile frameworks to provide a robust synopsis for high level overviews. Iterative approaches to corporate strategy foster collaborative thinking to further the overall value proposition. Organically grow the holistic world view of disruptive innovation via workplace diversity and empowerment.


CONTACT US

CALL US ANYTIME


Lewat ke baris perkakas